Pulau Pisang

PULAU PISANG GADANG

Pulau Pisang Gadang secara administrasi masuk dalam Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Luas pulau 21,12 km² dengan jarak 2,5 km dari pantai air manis. Posisi geografis pulau terletak pada koordinat 000 59’ 35” LS dan 10002 22” BT. Pulau ini tidak berpenduduk dan kata pisang gadang itu sendiri memiliki arti pisang besar.

Topografi Pulau Pisang Gadang merupakan pulau berbukit dengan pantai berpasir putih cukup indah, ditumbuhi kelapa, pisang, cengkeh dan semak belukar.Pulau ini dulunya merupakan persinggahan kapal-kapal belanda apabila ombak besar.Dipulau ini terdapat kuburan para tentara Belanda.

 

PULAU PISANG KETEK

Pulau Pisang Ketek secara administrasi masuk dalam Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.Letaknya sangat dekat dengan Pantai Air Manis dengan jarak ± 1 km. Pada saat pasang surut wisatawan dapat berjalan kaki menuju pulau ini. Luas pulau adalah 1,91 km². Posisi geografis pulau terletak pada koordinat 000 59’ 28” LS dan 1000 21’ 12” BT. Pulau ini tidak berpenduduk dan kata pisang ketek itu sendiri memiliki arti pisang kecil.

Topografi Pulau Pisang Ketek merupakan pulau berbukit dengan pantai berbatu, ditumbuhi kelapa, cengkeh dan semak belukar serta tumbuhan tingkat tinggi.

Leave a comment